VSD (Visible Surface Determination) dan CSG (Constructive Solid Geometry)


VSD
VSD (Visible Surface Determination) Ketika kita memandang sebuah gambar yang mengandung objek dan permukaan yang tidak transparan, maka kita tidak bisa melihat objek-objek dari sudut pandang dimana berada dibelakang objek yang lebih dekat dengan mata. Kita harus menghapus permukaan-permukaan yang tersembunyi untuk mendapatkan sebuah gambar realistis. Pengidentifikasian dan penghapusan dari permukaan tersebut dinamakan Hidden-surface problem.

Berikut langkah pembuatannya :
Buat Object baru berupa path.
Kemudian extrude di bagian ujung.


Ganti fillnya menjadi “Full” dan ubah Depthnya menjadi 0.1.

Berikut adalah tampilannya.

Lalu, ubah originnya agar menjadi berada di tengah.

Tambahkan modifier mirror.

Berikut tampilan setelah di-mirror.

Setelah itu, tambahkan object cube.



Bentuk hingga menyerupai bangku. Kemudian, tambahkan Modifier subdivision surface.


Pilih face di tengah objek yang dibuat.

Aktifkan dan nyalakan proportional editing.
 

Hasil :



CSG
CSG atau Constructive Solid Geometry adalah teknik untuk menciptakan model dengan menggunakan operasi matematika seperti penambahan dan pengurangan. CSG memungkinkan modeler untuk membuat objek atau permukaan yang kompleks dengan menggunakan operator Boolean untuk menggabungkan objek tersebut. Dalam beberapa kasus, CSG ditampilkan dalam jaring-jaring polygonal dan mungkin juga prosedural atau parametrik.
Sebuah benda padat yang paling sederhana untuk ditampilkan disebut
primitive, yang biasanya berbentuk objek sederhana seperti kubus, prisma, silinder, piramida, bola dan kerucut. Himpunan primitif yang bisa digunakan tergantung dari software yang dipakai. Beberapa software memungkinkan CSG pada objek melengkung sementara yang lain tidak.
Sebuah objek dibangun dari sebuah primitif dengan cara operasi boolean yang terdiri dari : union, intersection, dan difference.
Boolean Intersection (Persinggungan)

Intersection objek dibuat menjadi sebuah objek yang mengandung semua bagian dimana kedua objek saling berpotongan. Pada gambar kedua, menunjukkan intersection antara silinder dengan kerucut. Bila tidak terjadi perpotongan antara kedua objek tersebut maka objek intersection tidak akan terbentuk. Pada Blender kita dapat meng-intersection(Persinggungan) kedua bangun dengan Boolean yang telah disediakan. Kita cukup masuk pada Modifier -> Boolean -> Seleksi salah satu objek (Cube) -> pilih intersect -> pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (Cylinder) -> Klik Apply -> Seleksi objek cylinder kemudian hapus.Dan hasilnya persinggungan dapat dilihat pada gambar 2.

Gambar 1 :

 


Gambar 2 :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Organisasi dari PT Merck Tbk.

Perkembangan Hardware (VGA)