VSD (Visible Surface Determination) dan CSG (Constructive Solid Geometry)
VSD
VSD (Visible Surface
Determination) Ketika kita memandang sebuah gambar yang mengandung objek dan
permukaan yang tidak transparan, maka kita tidak bisa melihat objek-objek dari
sudut pandang dimana berada dibelakang objek yang lebih dekat dengan mata. Kita
harus menghapus permukaan-permukaan yang tersembunyi untuk mendapatkan sebuah
gambar realistis. Pengidentifikasian dan penghapusan dari permukaan tersebut
dinamakan Hidden-surface problem.
Berikut langkah pembuatannya :
Buat Object baru berupa path.
Kemudian extrude di bagian ujung.
Ganti fillnya menjadi “Full” dan ubah Depthnya menjadi 0.1.
Berikut adalah tampilannya.
Lalu, ubah originnya agar menjadi berada di tengah.
Tambahkan modifier mirror.
Berikut tampilan setelah di-mirror.
Setelah itu, tambahkan object cube.
Bentuk hingga menyerupai bangku. Kemudian, tambahkan Modifier
subdivision surface.
Pilih face di tengah objek yang dibuat.
Aktifkan dan nyalakan proportional editing.
Hasil :
CSG
CSG atau Constructive
Solid Geometry adalah teknik untuk menciptakan model dengan menggunakan operasi
matematika seperti penambahan dan pengurangan. CSG memungkinkan modeler untuk
membuat objek atau permukaan yang kompleks dengan menggunakan operator Boolean
untuk menggabungkan objek tersebut. Dalam beberapa kasus, CSG ditampilkan dalam
jaring-jaring polygonal dan mungkin juga prosedural atau parametrik.
Sebuah benda padat yang
paling sederhana untuk ditampilkan disebut
primitive, yang
biasanya berbentuk objek sederhana seperti kubus, prisma, silinder, piramida,
bola dan kerucut. Himpunan primitif yang bisa digunakan tergantung dari
software yang dipakai. Beberapa software memungkinkan CSG pada objek melengkung
sementara yang lain tidak.
Sebuah objek dibangun
dari sebuah primitif dengan cara operasi boolean yang terdiri dari : union,
intersection, dan difference.
Boolean Intersection (Persinggungan)
Intersection objek dibuat menjadi sebuah objek yang
mengandung semua bagian dimana kedua objek saling berpotongan. Pada gambar
kedua, menunjukkan intersection antara silinder dengan kerucut. Bila tidak
terjadi perpotongan antara kedua objek tersebut maka objek intersection tidak
akan terbentuk. Pada Blender kita dapat meng-intersection(Persinggungan) kedua
bangun dengan Boolean yang telah disediakan. Kita cukup masuk pada Modifier
-> Boolean -> Seleksi salah satu objek (Cube) -> pilih
intersect -> pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (Cylinder) ->
Klik Apply -> Seleksi objek cylinder kemudian hapus.Dan hasilnya
persinggungan dapat dilihat pada gambar 2.
Gambar 1 :
Gambar
2 :
Komentar
Posting Komentar